20 Maret, 2009

Mengambil Sunnah dari Shiroh Nabi

Shiroh Rasulullah lebih kita kenal dengan Shiroh Nabawiyah
Bahasan kita adalah mengenai Shiroh Nabi besar Muhammad SAW.

Shiroh Nabi??
Shiroh yang menceritakan mengenai Perjalanan hidup Muhammad baik masa-masa yang berhubungan dengan beliau sebelum diangkat sebagai Nabi maupun setelah diangkat menjadi Nabi.
Perlunya mengkaji Shiroh Nabi??
Supaya kita mengetahui latar belakang dan arah langkah pergerakan dan perjuangan Nabi dalam mengemban tugas yang dipikulkan dipundak beliau. Dengan begitu, menjadikan satu acuan bagi penerus beliau dalam upaya mengikuti apa yang telah beliau perjuangkan.
Membandingkan kondisi di masa itu dengan kondisi kekinian.
Mengambil langkah dan tindakan yang tepat mengikuti petunjuk (fungsi shiroh) dari apa yang Nabi lakukan ketika menghadapi kondisi yang sama.

Dari pengkajian terhadap shiroh Nabi inilah kita nanti akan memahami kapankan sunnah itu menjadi sebuah acuan bagi amal hidup para pengikutnya.

Berbicara mengenai shiroh (sejarah) Nabi, pasti tidak akan lepas mengenai masa sebelum beliau dilahirkan, ketika beliau dilahirkan sampai dengan dewasa dan menikah, kemudian bagaimana beliau mendapatkan wahyu, selanjutnya bagaimana beliau mendakwahkan Dienullah sampai akhir hayatnya serta segala sesuatu yang melingkupi kehidupan beliau.

Berbicara mengenai sunnah Rasul, maka harus dilepaskan dari kisah atau shiroh dimana apa yang melingkupi Muhammad tersebut diluar dari misi dan tugas kerasulannya.
Bagian hidup dari Muhammad sebelum beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul, maka harus dikeluarkan dari koridor sunnah Rasul, karena sama sekali tidak ada hubungannya dengan misi dan tugas kerasulan.

Berawal dari turunnya ayat pertama kepada beliau,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar